10 Tips Merawat Kesehatan Mata

10 Tips Merawat Kesehatan Mata
10 Tips Merawat Kesehatan Mata

Safe.sakuranime.com – Mata adalah salah satu panca indera manusia yang berfungsi untuk melihat. Keberadaan organ yang dinamakan mata ini sangat penting, karena itulah merawat kesehatan mata adalah hal yang harus dilakukan setiap manusia.

Mata senantiasa anda gunakan disetiap aktivitas. Maka perlu dilakukan perawatan yang terkhusus terhadap mata. Banyak cara yang bisa anda dilakukan untuk merawat mata, salah satunya adalah dengan mengistirahatkan mata anda sejenak dari rutinitas.

Bayangkan bila anda menonton televisi selama berjam-jam, membaca buku di ruangan yang kurang cahaya, berdiam diri di depan laptop selama seharian dan aktivitas lain yang membuat mata anda bekerja lebih keras. Sering kali kita baru menyesal ketika mata ini sudah tidak dapat berfungsi normal lagi.

Tips Merawat Kesehatan Mata

Berikut Safe Sakuranime memberikan tips untuk merawat kesehatan mata agar senantiasa berfungsi dengan baik serta tidak mengurangi fungsi dari mata.

1. Memeriksa Kesehatan Mata Secara Rutin ke Dokter Spesialis Mata

Disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap mata di dokter spesialis mata. Untuk anak-anak sebaiknya melakukan pemeriksaan mata setahun sekali, sedangkan untuk orang dewasa yang berumur 40 tahun keatas, dianjurkan melakukan pemeriksaan dua tahun sekali. Ini dikarenakan orang dewasa lebih rentan terkena penyakit dibandingkan dengan anak-anak.

Riwayat penyakit mata orang tua juga sangat penting untuk dideteksi lebih dini untuk mencegah penurunan penyakit tersebut ke anaknya.

2. Tidak “Menggosok” Mata Secara Kasar dan Berlebihan

Sering kali mata anda kemasukan sesuatu seperti debu dan benda-benda kecil lainnya, dan hal pertama yang anda lakukan pasti menggosok mata anda. Namun, hal itu dapat mempengaruhi kinerja mata. Cukup gosok dengan lembut dan hati-hati agar mata tetap aman.

3. Mengkonsumsi Buah-buahan ber-Vitamin A

Makanan ber-Vitamin A
Makanan ber-Vitamin A

Seperti yang anda ketahui, Vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. Buah-buah ber-vitamin A menjadi sesuatu yang wajib untuk merawat kesehatan mata. Wortel, Tomat dan Pepaya adalah contoh buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A.

Wortel mengandung Beta karoten yang bagus untuk kesehatan mata.

4. Makan Sayuran Hijau

Brokoli, Bayam atau sayuran lainnya banyak mengandung Zeaxanthin dan Lutein, yakni zat yang mampu mengurangi resiko katarak dan gangguan pada pusat retina. Konsumsi lah sayuran tersebut secara rutin setiap hari untuk merawat kesehatan mata anda.

5. Istirahat Sejenak Setelah Menggunakan Gadget dalam Waktu yang Lama

Radiasi yang ditimbulkan oleh peralatan elektronik seperti Handphone, computer dan video game dapat memperburuk kondisi mata, apalagi jika dilakukan selama berjam-jam. Untuk itu, setelah pemakaian gadget selama satu jam, istirahatlah atau berjalan-jalan sebentar selama 10 menit.

Sering-seringlah berkedip jika sedang menggunakan gadget untuk menghindari mata kering serta memandang keluar ruangan untuk menstabilkan kinerja mata. Hal yang paling harus diperhatihan adalah, berikan jarak yang cukup ketika sedang menonton televise terutama untuk anak-anak.

6. Hindari Rokok

Hindari Rokok
Hindari Rokok

Rokok dapat meningkatkan resiko penyakit katarak dan kerusakan saraf optik yang dapat mengganggu retina. Asap rokok juga dapat berpengaruh besar bagi kerusakan mata, untuk itu perlu menghindari rokok dan orang-orang yang sedang merokok. Ingat, Perokok pasif lebih beresiko debanding dengan perokok aktif.

7. Menggunakan Pelindung Mata

Mata juga perlu perlindungan, salah satunya dari pancaran sinar ultra violet matahari. Bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sinar ultra violet matahari diantaranya adalah terbakarnya Kornea mata, degenerasi makula, katarak hingga dapat menyebabkan kanker mata. Gunakan lah kacamata hitam jika sedang berada diluar ruangan yang dapat menghindarkan mata dari pancaran sinar UVA dan UVB (apalagi jika matahari sedang terik).

8. Atur Pencahayaan Ruangan dan Gadget Anda

Cahaya sangat dibutuhkan untuk dapat memfungsikan mata dengan baik, namun jika terlalu banyk cahaya yang masuk ke mata dapat menyebabkan iritasi dan membuat mata menegang. Untuk itu, cahaya pada ruangan, serta layar gadget perlu di atur agar tidak merusak mata. Usahakn duduk di dekat jendela atau tirai ruangan agar mengurangi kesilauan pada layar handphone atau komputer.

9. Menjaga Pola Hidup Sehat

Di Amerika, Diabetes menjadi penyebab utama terjadinya kebutaan. Pola hidup yang berantakan dapat memicu penyakit diabetes sehingga menyebabkan penyakit lainnya mudah untuk menyerang tubuh. Konsumsi lah makanan yang bergizi dan seimbang serta rutin melakukan olahraga walaupun hanya sebentar.

10. Mengurangi Penggunaan Obat Tetes Mata

Penggunaan obat tetes mata secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata. Apabila mata menjadi merah, maka obat tetes tersebut bisa saja anda gunakan namun jangan terlalu sering, cukup gunakan sesekali.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat kesehatan mata, karena kerusakan pada mata akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar dikemudian hari. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Dengan Mata, anda bisa menikmati keindahan ciptahan tuhan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*