11 Khasiat dan Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh
Khasiat dan Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Safe.Sakuranime.com – Buah apel merupakan buah asli yang bisa ditemukan di eropa dan asia. Manfaat buah apel sendiri sangat banyak dan karena itu banyak orang yang menggunakan buah apel sebagai makanan sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Saking sehatnya, buah apel sendiri banyak diberikan kepada orang sakit di rumah sakit sebagai bingkisan buah agar menyuapi asupan tubuh yang diperlukan oleh orang sakit tersebut.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, buah apel juga memiliki beberapa manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Kali ini, ini Safe Sakuranime akan memberikan 11 list khasiat dan manfaat buah apel untuk tubuh.

1. Membantu dalam menyembuhkan penyakit anemia

Apel memiliki zat besi yang sangat banyak dan efektif dalam pengobatan penyakit anemia. Untuk membantu dalam mempertahankan kadar zat besi yang ada pada tubuh, kamu bisa mengkonsumsi apel setiap hari setidaknya 2 atau 3 apel dalam sehari.

2. Melindungi katarak dan degenerasi macular

Untuk membantu dalam mencegah degenerasi agar bisa melindungi diri dari penyakit katarak, kamu perlu yang namanya vitamin C dan juga vitamin A yang banyak untuk tubuh. Maka dari itu disarankan untuk kamu mengkonsumsi makanan atau buah yang memiliki vitamin A dan C yang banyak. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk itu adalah buah apel, karena buah ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi untuk membantu dalam mencegah degenerasi yang terkait dengan usia makula.

3. Membantu mengurangi asma

Menurut studi yang dilakukan di inggris, ibu hamil yang mengkonsumsi apel secara rutin memiliki anak-anak yang cenderung tidak mengalami penyakit asma. Ini juga pernah dilakukan di australia dimana peserta mengkonsumsi pir dan apel diteliti tidak memiliki resiko terkena asma.

4. Membantu dalam pertumbuhan rambut

Khasiat dan Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh
Khasiat dan Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Buah apel sendiri memiliki kandungan yang bernama B2 procyanidin. Kandungan tersebut mampu membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatannya. Karena itulah sangat disarankan untuk kamu yang memiliki masalah rambut untuk mengkonsumsi apel atau makanan yang memiliki kandungan tersebut.

5. Kurangi risiko parkinson

Mengkonsumsi jus apel setiap hari ternyata bisa membantu dalam mengurangi risiko terkena penyakit parkinson. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi apel mampu membuat kandungan phytochemical dari dalam apel masuk ke tubuh dengan peranan penting bisa mengurangi resiko terkena parkinson. Penyakit ini merupakan kronis progresif yang menyerang sistem saraf pusat yang biasanya ditandai dengan gangguan neuron di otak.

6. Kurangi penyakit alzheimer

Studi yang pernah dilakukan oleh para peneliti mempercayai bahwa mengkonsumsi apel mampu meningkatkan kesehatan otak serta mengurangi risiko terkena alzheimer. Kandungan yang terdapat pada apel yaitu rc tin memiliki manfaat dalam melindungi sel-sel otak agar terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab alzheimer.

7. Membantu dalam menurunkan berat badan

Apel dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kalori terendah, kalori nya sendiri bisa kurang dari 80 kalori. Jumlah tersebut cukup sedikit, padahal buah apel dikenal memiliki kandungan air yang tinggi sehingga memberikan efek kenyang namun dengan kalori kecil. Karena itulah apel cukup disarankan untuk kamu yang ingin melakukan diet sehat.

8. Membantu meningkatkan sistem tubuh

Serat larut yang dimiliki apel memiliki manfaat dalam mengatasi peradangan yang bisa terjadi dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Menurut studi yang pernah dilakukan, serat larut ini bisa mengubah sel-sel kekebalan tubuh menjadi semakin berproduksi dan menghasilkan protein antiinflamasi yang dikenal sebagai interleukins 4.

9. Mampu memperkuat tulang

Kandungan apel ada yang dinamakan flavanoid yang biasa disebut sebagai phloridzin. Kandungan tersebut diketahui memiliki manfaat yang bisa meningkatkan kepadatan tulang yang biasa digunakan untuk melindungi perempuan ketika pasca menopause dari asteoporosis. Kamu juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi apel yang dipadukan dengan susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

10. Membantu dalam menjaga kesehatan gigi

Ternyata serat yang ada pada apel bisa membersihkan gigi kamu. Apel juga memiliki yang namanya sifat anti virus sehingga membantu dalam membersihkan bakteri serta virus yang mungkin hingga ke mulut. Dengan memakan buah apel yang banyak bisa merangsang produksi air liur, air liur ini memiliki manfaat dalam mengurangi kerusakan yang terjadi pada gigi serta membersihkan bakteri.

11. Menyehatkan sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam apel sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan organ-organ pencernaan dalam tubuh kamu. Tidak hanya apel saja, kamu juga bisa mengkonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan serat yang membantu dalam menyehatkan proses pencernaan. Tidak hanya daging apel saja, tetapi kamu juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi kulit apel karena dipercaya memiliki kandungan serat yang tinggi.

Baca juga: 10 Tips Merawat Kesehatan Mata

Nah itu dia sedikit manfaat dan khasiat dari buah apel yang bisa kamu konsumsi untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kamu. Mengkonsumsi apel memang baik untuk kesehatan, tetapi tetap saja jika kamu mengkonsumsi terlalu banyak maka bisa berakibat fatal untuk kesehatan tubuh kamu. Mengkonsumsi apel juga bisa dipadukan dengan buah atau sayuran lain, namun kadar tetap dijaga karena kandungan yang terdapat pada apel memiliki gula yang tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*